KISI-KISI SOAL UJIAN SEMESTER GENAP KELAS X TP 2017-2018
KISI-KISI SOAL
UJIAN SEMESTER GENAP TP. 2017/2018
Mata Pelajaran : Kimia Penyusun : Agus Saputra, S.Pd
Kelas/prog.Studi : X/IPA Bentuk Soal : Pilihan ganda
Waktu :
Istimewa Jumlah :
30 soal PG dan 5 soal uraian
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
No.
Soal
|
Jenis Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor Nilai
|
KD.3.8
Menganalisis sifat
larutan berdasarkan daya hantar listriknya
|
LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON
ELEKTROLIT
|
Disajikan tabel hasil
pengujian daya hantar listrik air limbah, peserta didik dapat menyimpulkan
air limbah yang bersifat elektrolit kuat dan elektrolit lemah
|
1
|
PG
|
…
|
|
Disajikan gambar
hasil pengujian daya hantar listrik beberapa larutan, peserta didik dapat
menyimpulkan larutan yang bersifat non elektrolit dan elektrolit lemah
|
2
|
PG
|
…
|
|
||
Peserta didik dapat
menjelaskan penyebab larutan dapat menghantarkan arus listrik
|
3
|
PG
|
…
|
|
||
Diberikan larutan
elektrolit suatu asam kuat, peserta didik dapat membuatkan reaksi ionisasinya
dalam air
|
4
|
PG
|
…
|
|
||
KD.3.9
Mengidentifikasi reaksi
reduksi oksidasi menggunakan konsep bilangan oksidasi unsur
|
REAKSI REDOKS
|
Diberikan beberapa
persamaan reaksi, peserta didik dapat menentukan reaksi yang merupakan reaksi
redoks
|
5
|
PG
|
…
|
|
Diberikan beberapa
persamaan setengah reaksi, peserta didik dapat menentukan reaksi yang
tergolong reaksi reduksi
|
6
|
PG
|
…
|
|
||
Diberikan contoh
penerapan reaksi dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan
zat yang berperan sebagai oksidator
|
7
|
PG
|
…
|
|
||
Diberikan beberapa
rumus kimia, peserta didik dapat menentukan rumus kimia yang memiliki
bilangan oksidasi paling tinggi dari suatu unsur pembentuknya
|
8
|
PG
|
…
|
|
||
Diberikan persamaan
reaksi redoks, peserta didik dapat menentukan perubahan bilangan oksidasi
dari suatu unsur
|
9
|
PG
|
…
|
|
||
Diberikan dua buah
ion positif dan ion negatif, peserta didik dapat menggabungkannya menjadi
sebuah rumus senyawa dan memberikan nama dari senyawa tersebut
|
10
|
PG
|
…
|
|
||
Diberikan rumus kimia
suatu senyawa, peserta didik dapat menentukan nama yang benar dari rumus
kimia tersebut
|
11
|
PG
|
…
|
|
||
Diberikan beberapa
rumus kimia senyawa beserta namanya, peserta didik menentukan rumus kimia dan
nama senyawa yang benar
|
12
|
PG
|
…
|
|
||
Peserta didik dapat
menentukan bilangan oksidasi unsur dalam suatu senyawa
|
13
|
PG
|
…
|
|
||
Diberikan wacana
tentang proses pembuatan dan kegunaan dari suatu senyawa, peserta didik dapat
menentukan rumus kimia, reaksi ionisasi, menyetarakan reaksi, menghitung
bilangan oksidasi, dan menentukan oksidator dan reduktornya
|
1
|
Uraian
|
terlampir
|
|
||
KD. 3.10
Menerapkan hukum-hukum dasar kimia, konsep
massa molekul relatif, persamaan kimia, konsep mol, dan kadar zat untuk
menyelesaikan perhitungan kimia
|
HUKUM DASAR KIMIA DAN STOIKIOMETRI
|
Diberikan data hasil
pembakaran suatu zat pada ruang tertutup, peserta didik dapat menyimpulkan hukum
yang sesuai dengan kenyataan tersebut
|
14
|
PG
|
…
|
|
Diberikan
perbandingan massa dua buah unsur, peserta didik dapat mengaplikasikan hukum
proust untuk menghitung massa masing-masing unsur tersebut
|
15
|
PG
|
…
|
|
||
Diberikan data volume
suatu gas, peserta didik dapat mengaplikasikan hukum Gay Lussac untuk
menghitung volume gas yang ditanya
|
16
|
PG
|
…
|
|
||
Diberikan persamaan
reaksi yang belum setara, peserta didik dapat menyetarakan persamaan reaksi
tersebut
|
17
|
PG
|
…
|
|
||
Diberikan data Ar
dari beberapa unsur, peserta didik dapat menghitung Mr dari suatu senyawa
|
18
|
PG
|
…
|
|
||
Diberikan data jumlah
partikel suatu senyawa, peserta didik dapat menghitung massa dari senyawa
tersebut
|
19
|
PG
|
…
|
|
||
Diberikan data massa
dari suatu senyawa, peserta didik dapat menghitung jumlah zat dalam satuan
mol
|
20
|
PG
|
…
|
|
||
Diberikan data massa
suatu unsur, peserta didik dapat menghitung jumlah partikel dari unsur
tersebut
|
21
|
PG
|
…
|
|
||
Diberikan data massa
suatu senyawa berwujud gas, peserta didik dapat menghitung volume gas
tersebut pada keadaan STP
|
22
|
PG
|
…
|
|
||
Diberikan data massa
suatu senyawa, peserta didik dapat menghitung massa unsur penyusun senyawa
tersebut
|
23
|
PG
|
…
|
|
||
Diberikan data massa
suatu sampel dan massa produk yang dihasikan dari proses pembakaran, peserta
didik dapat menentukan rumus empiris dari sampel tersebut
|
24
|
PG
|
…
|
|
||
Diberikan data massa
suatu unsur/senyawa, melalui penerapan konsep stoikiometri peserta didik
dapat menghitung volume gas yang ditanya
|
25
|
PG
|
…
|
|
||
Diberikan data %
unsur-unsur penyusun senyawa, peserta didik dapat menentukan rumus empiris
dan rumus molekulnya
|
2
|
Uraian
|
terlampir
|
|
||
Diberikan persamaan
reaksi dan data mol pereaksi, peserta didik dapat menghitung mol hasil
reaksi, dan menghitung massanya
|
3
|
Uraian
|
terlampir
|
|
Bajubang, Mei 2018
Dibuat
oleh,
Agus Saputra, S.Pd
NIP.
198608062011011004
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus