KISI-KISI UJIAN KIMIA KELAS XI IPS SEMESTER GENAP 2017-2018
KISI-KISI SOAL
UJIAN SEMESTER GENAP TP. 2017/2018
Mata Pelajaran : Kimia Penyusun : Agus Saputra, S.Pd
Kelas/prog.Studi : XI/IPS Bentuk Soal : Pilihan ganda
Waktu :
Istimewa Jumlah :
25 soal PG dan 5 soal uraian
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Soal
|
No.
Soal
|
Jenis Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor Nilai
|
KD
3.10
Menjelaskan
konsep asam dan basa serta kekuatannya dan kesetimbangan pengionnya dalam
larutan.
|
ASAM BASA
|
Disajikan
tabel hasil percobaan larutan asam basa menggunakan kertas lakmus, peserta
didik dapat menentukan larutan yang bersifat basa
|
1
|
PG
|
…
|
|
Diberikan
beberapa contoh rumus kimia dari asam dan basa, Peserta didik dapat
menentukan rumus kimia dari asam lemah
|
2
|
PG
|
…
|
|||
Diberikan
beberapa contoh rumus kimia dari asam dan basa, Peserta didik dapat
menentukan rumus kimia dari basa kuat
|
3
|
PG
|
…
|
|||
Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian asam menurut Arrhenius
|
4
|
PG
|
…
|
|||
Peserta
didik dapat menuliskan reaksi ionisasi dari suatu larutan asam
|
5
|
PG
|
…
|
|||
Diberikan
data konsentrasi, peserta didik dapat menghitung nilai [H+] dari
suatu asam kuat
|
6
|
PG
|
…
|
|||
Diberikan
data konsentrasi, peserta didik dapat menghitung nilai [OH-] dari
suatu basa lemah
|
7
|
PG
|
…
|
|||
Diberikan
data konsentrasi dan Ka suatu asam lemah, peserta didik dapat menghitung pH
larutan tersebut
|
8
|
PG
|
…
|
|||
Diberikan
data Ka dari beberapa asam lemah, peserta didik dapat mengurutkan kekuatan
asam larutan tersebut
|
9
|
PG
|
…
|
|||
Diberikan
data konsentrasi suatu asam kuat, peserta didik dapat menghitung pH larutan tersebut
|
10
|
PG
|
…
|
|||
Diberikan
data konsentrasi dan Kb suatu basa lemah, peserta didik dapat menghitung pH
larutan tersebut
|
11
|
PG
|
…
|
|||
Diberikan
beberapa contoh rumus kimia, peserta didik dapat mengelompokkan contoh rumus
kimia yang bersifat asam dan basa menurut Arrhenius
|
1
|
Uraian
|
terlampir
|
|||
Diberikan
dua persamaan reaksi, peserta didik dapat menentukan asam dan basa
konjugasinya
|
2
|
Uraian
|
terlampir
|
|||
Peserta
didik dapat menghitung pH larutan asam dan basa
|
3
|
Uraian
|
Terlampir
|
|||
KD.
3.11
Menganalisis
kesetimbangan ion dalam larutan garam dan menghubungkan pH-nya
|
HIDROLISIS GARAM
|
Diberikan
beberapa ion asam dan ion basa, peserta didik dapat menentukan ion yang dapat
mengalami hidrolisis
|
12
|
PG
|
…
|
|
Diberikan
ion asam lemah, peserta didik dapat menentukan reaksi hidrolisis dari ion
tersebut
|
13
|
PG
|
…
|
|||
Diberikan
beberapa contoh garam, peserta didik dapat menentukan garam yang memiliki pH
< 7
|
14
|
PG
|
…
|
|||
Diberikan
beberapa contoh garam, peserta didik dapat menentukan garam yang bersifat
basa
|
15
|
PG
|
…
|
|||
Diberikan
data konsentrasi suatu garam, peserta didik dapat menghitung pH larutan garam
tersebut
|
16
|
PG
|
…
|
|||
Diberikan
data konsentrasi suatu garam, peserta didik dapat menghitung pH larutan garam
tersebut
|
17
|
PG
|
…
|
|||
Diberikan
data konsentrasi dan Ka, peserta didik dapat menghitung pH dari suatu larutan
garam
|
4
|
Uraian
|
terlampir
|
|||
KD.
3.15
Mengelompokkan
berbagai tipe sistem koloid, dan menjelaskan kegunaan koloid dalam kehidupan
berdasarkan sifat-sifatnya
|
SISTEM KOLOID
|
Diberikan
beberapa contoh campuran, peserta didik dapat membedakan campuran yang
tergolong larutan, suspensi, atau koloid
|
18
|
PG
|
…
|
|
Peserta
didik dapat menentukan campuran yang dapat membentuk koloid dan campuran yang
tidak dapat membentuk koloid
|
19
|
PG
|
…
|
|||
Peserta
didik dapat menentukan ukuran partikel larutan, suspense, dan koloid
|
20
|
PG
|
…
|
|||
Diberikan
contoh koloid, peserta didik dapat menentukan fase terdispersi dan
pendispersinya
|
21
|
PG
|
…
|
|||
Peserta
didik dapat menentukan penyebab terjadinya sifat koloid
|
22
|
PG
|
…
|
|||
Diberikan
contoh penerapan sifat koloid, peserta didik dapat menentukan sifat koloid
yang sesuai dengan contoh tersebut
|
23
|
PG
|
…
|
|||
Diberikan
contoh penerapan sifat koloid, peserta didik dapat menentukan sifat koloid
yang sesuai dengan contoh tersebut
|
24
|
PG
|
…
|
|||
Diberikan
contoh penerapan sifat koloid, peserta didik dapat menentukan sifat koloid
yang sesuai dengan contoh tersebut
|
25
|
PG
|
…
|
|||
Peserta
didik dapat menuliskan empat sifat koloid dan contohnya dalam kehidupan
sehari-hari
|
5
|
Uraian
|
terlampir
|
Dibuat
oleh,
Agus Saputra, S.Pd
Komentar
Posting Komentar