KISI-KISI UJIAN KIMIA KELAS XI IPS SEMESTER GENAP 2017-2018


KISI-KISI SOAL
UJIAN SEMESTER GENAP TP. 2017/2018

Mata Pelajaran         : Kimia                                                                                                          Penyusun       : Agus Saputra, S.Pd
Kelas/prog.Studi       : XI/IPS                                                                                                         Bentuk Soal   : Pilihan ganda
Waktu                    : Istimewa                                                                                                     Jumlah          : 25 soal PG dan 5 soal uraian
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
No.
Soal
Jenis Soal
Kunci Jawaban
Skor Nilai
KD 3.10
Menjelaskan konsep asam dan basa serta kekuatannya dan kesetimbangan pengionnya dalam larutan.
ASAM BASA
Disajikan tabel hasil percobaan larutan asam basa menggunakan kertas lakmus, peserta didik dapat menentukan larutan yang bersifat basa
1
PG

Diberikan beberapa contoh rumus kimia dari asam dan basa, Peserta didik dapat menentukan rumus kimia dari asam lemah
2
PG

Diberikan beberapa contoh rumus kimia dari asam dan basa, Peserta didik dapat menentukan rumus kimia dari basa kuat
3
PG

Peserta didik dapat menjelaskan pengertian asam menurut Arrhenius
4
PG

Peserta didik dapat menuliskan reaksi ionisasi dari suatu larutan asam
5
PG

Diberikan data konsentrasi, peserta didik dapat menghitung nilai [H+] dari suatu asam kuat
6
PG

Diberikan data konsentrasi, peserta didik dapat menghitung nilai [OH-] dari suatu basa lemah
7
PG

Diberikan data konsentrasi dan Ka suatu asam lemah, peserta didik dapat menghitung pH larutan tersebut
8
PG

Diberikan data Ka dari beberapa asam lemah, peserta didik dapat mengurutkan kekuatan asam larutan tersebut
9
PG

Diberikan data konsentrasi suatu asam kuat, peserta didik dapat menghitung pH larutan tersebut
10
PG

Diberikan data konsentrasi dan Kb suatu basa lemah, peserta didik dapat menghitung pH larutan tersebut
11
PG

Diberikan beberapa contoh rumus kimia, peserta didik dapat mengelompokkan contoh rumus kimia yang bersifat asam dan basa menurut Arrhenius
1
Uraian
terlampir

Diberikan dua persamaan reaksi, peserta didik dapat menentukan asam dan basa konjugasinya
2
Uraian
terlampir

Peserta didik dapat menghitung pH larutan asam dan basa
3
Uraian
Terlampir


KD. 3.11
Menganalisis kesetimbangan ion dalam larutan garam dan menghubungkan pH-nya
HIDROLISIS GARAM
Diberikan beberapa ion asam dan ion basa, peserta didik dapat menentukan ion yang dapat mengalami hidrolisis
12
PG

Diberikan ion asam lemah, peserta didik dapat menentukan reaksi hidrolisis dari ion tersebut
13
PG

Diberikan beberapa contoh garam, peserta didik dapat menentukan garam yang memiliki pH < 7
14
PG

Diberikan beberapa contoh garam, peserta didik dapat menentukan garam yang bersifat basa
15
PG

Diberikan data konsentrasi suatu garam, peserta didik dapat menghitung pH larutan garam tersebut
16
PG



Diberikan data konsentrasi suatu garam, peserta didik dapat menghitung pH larutan garam tersebut
17
PG

Diberikan data konsentrasi dan Ka, peserta didik dapat menghitung pH dari suatu larutan garam
4
Uraian
terlampir

KD. 3.15
Mengelompokkan berbagai tipe sistem koloid, dan menjelaskan kegunaan koloid dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya
SISTEM KOLOID
Diberikan beberapa contoh campuran, peserta didik dapat membedakan campuran yang tergolong larutan, suspensi, atau koloid
18
PG

Peserta didik dapat menentukan campuran yang dapat membentuk koloid dan campuran yang tidak dapat membentuk koloid
19
PG

Peserta didik dapat menentukan ukuran partikel larutan, suspense, dan koloid
20
PG

Diberikan contoh koloid, peserta didik dapat menentukan fase terdispersi dan pendispersinya
21
PG

Peserta didik dapat menentukan penyebab terjadinya sifat koloid
22
PG

Diberikan contoh penerapan sifat koloid, peserta didik dapat menentukan sifat koloid yang sesuai dengan contoh tersebut
23
PG

Diberikan contoh penerapan sifat koloid, peserta didik dapat menentukan sifat koloid yang sesuai dengan contoh tersebut
24
PG

Diberikan contoh penerapan sifat koloid, peserta didik dapat menentukan sifat koloid yang sesuai dengan contoh tersebut
25
PG

Peserta didik dapat menuliskan empat sifat koloid dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari
5
Uraian
terlampir

Dibuat oleh,


Agus Saputra, S.Pd

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI-KISI SOAL UJIAN SEMESTER GENAP KIMIA KELAS XI TP.2017-2018