KISI-KISI SOAL UJIAN SEMESTER GENAP KIMIA KELAS XI TP.2017-2018


KISI-KISI SOAL
UJIAN SEMESTER GENAP TP. 2017/2018

Mata Pelajaran         : Kimia                                                                                                          Penyusun       : Agus Saputra, S.Pd
Kelas/prog.Studi       : XI/IPA                                                                                                         Bentuk Soal   : Pilihan ganda
Waktu                    : Istimewa                                                                                                     Jumlah          : 30 soal PG dan 5 soal uraian
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Soal
No.
Soal
Jenis Soal
Kunci Jawaban
Skor Nilai
KD 3.10
Menjelaskan konsep asam dan basa serta kekuatannya dan kesetimbangan pengionnya dalam larutan.
ASAM BASA
Disajikan tabel hasil percobaan larutan asam basa menggunakan kertas lakmus, peserta didik dapat menentukan larutan yang bersifat asam
1
PG

Diberikan beberapa contoh rumus kimia dari asam dan basa, Peserta didik dapat menentukan rumus kimia dari asam lemah
2
PG

Diberikan persamaan reaksi, peserta didik dapat menentukan pasangan asam-basa konjugasinya
3
PG

Diberikan data konsentrasi dan nilai Ka, peserta didik dapat menentukan pH larutan asam lemah
4
PG

Diberikan data nilai Ka beberapa larutan asam lemah, peserta didik dapat mengurutkan kekuatan asam berdasarkan data Ka tersebut
5
PG

Diberikan data konsentrasi dan pH suatu larutan basa lemah, peserta didik dapat menentukan Kb larutan basa lemah tersebut
6
PG

Disajikan tabel data hasil pengujian sampel air limbah, peserta didik dapat menentukan trayek pH dari sampel limbah tersebut
7
PG

Diberikan data volume dan pH suatu asam dan basa, peserta didik dapat menghitung pH campurannya
1
URAIAN
terlampir

KD. 3.11
Menganalisis kesetimbangan ion dalam larutan garam dan menghubungkan pH-nya
HIDROLISIS GARAM
Diberikan beberapa rumus kimia garam, peserta didik dapat menentukan garam yang dapat terhidrolisis sempurna (total)
8
PG

Diberikan beberapa rumus kimia garam, peserta didik dapat menentukan garam yang memiliki pH > 7
9
PG

Diberikan data konsentrasi dan Kb, peserta didik dapat menghitung pH dari suatu larutan garam
10
PG

Diberikan data konsentrasi dan Ka, peserta didik dapat menghitung pH dari suatu larutan garam
11
PG

Diberikan data konsentrasi campuran suatu asam dan basa, peserta didik dapat menghitung pH campurannya
12




Diberikan data konsentrasi dan Ka, peserta didik dapat menghitung pH dari suatu larutan garam
2
Uraian
terlampir

KD. 3.12
Menjelaskan prinsip kerja, perhitungan pH, dan peran larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup
LARUTAN PENYANGGA
Disajikan data tabel perubahan pH beberapa larutan ketika di tambah sedikit asam dan basa, peserta didik dapat menyimpulkan larutan yang tergolong larutan penyangga
13
PG

Diberikan beberapa campuran asam dan basa, peserta didik dapat menentukan campuran yang dapat membentuk larutan penyangga
14
PG

Diberikan campuran asam dan basa, peserta didik dapat menghitung pH campurannya
15
PG

Diberikan campuran asam dan basa, peserta didik dapat menghitung pH campurannya
16
PG

Diberikan beberapa contoh campuran penyangga, peserta didik dapat menentukan campuran penyangga yang terdapat dalam ekstra sel (darah) makhluk hidup
17
PG

Diberikan campuran asam dan basa, peserta didik dapat menghitung pH larutannya
3
Uraian
Terlampir

KD. 3.13 Menganalisis data hasil berbagai jenis titrasi asam-basa
TITRASI ASAM BASA
Disajikan kurva perubahan pH titrasi asam lemah dengan basa kuat, peserta didik dapat menentukan daerah kurva larutan penyangga
18
PG

Disajikan tabel data hasil tiga kali percobaan titrasi asam basa, peserta didik dapat menghitung konsentrasi larutan yang belum diketahui konsentrasinya
19
PG

Disajikan tabel data hasil tiga kali percobaan titrasi asam basa, peserta didik dapat menghitung konsentrasi larutan yang belum diketahui konsentrasinya
20
PG

Disajikan beberapa model grafik titrasi, peserta didik dapat menentukan grafik yang benar untuk titrasi asam lemah dengan basa kuat
21
PG

KD 3.14
Memperdiksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan hasil kali kelarutan
KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN
Diberikan rumus kimia dari suatu garam sukar larut, peserta didik dapat membuatkan rumus Ksp dari garam tersebut
22
PG

Diberikan data kelarutan suatu larutan sukar larut, peserta didik dapat menghitung nilai Ksp-nya
23
PG

Diberikan data Ksp suatu garam dalam air, peserta didik dapat menghitung kelarutan garam tersebut dalam ion senama
24
PG

Diberikan data Ksp dari beberapa garam sukar larut, peserta didik dapat mengurutkan kelarutan garam-garam tersebut dari yang terkecil ke yang terbesar
25
PG

Diberikan data Ksp dari beberapa garam, peserta didik dapat meramalkan garam yang pertama kali mengendap
26
PG

Diberikan data volume dan konsentrasi dari dua buah larutan, Peserta didik dapat menentukan apakah campuran yang terbentuk masih larut atau sudah mengendap
4
Uraian
Terlampir

KD. 3.15
Mengelompokkan berbagai tipe sistem koloid, dan menjelaskan kegunaan koloid dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya
SISTEM KOLOID
Diberikan beberapa contoh campuran, peserta didik dapat membedakan campuran yang tergolong larutan, suspensi, atau koloid
27
PG

Diberikan contoh penerapan sifat koloid dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan sifat koloid yang sesuai dengan contoh tersebut
28
PG

Disajikan beberapa contoh penerapan sifat koloid dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan sifat koloid yang sesuai dengan contoh tersebut
29
PG

Disajikan beberapa contoh penerapan sifat koloid dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan sifat koloid yang sesuai dengan contoh tersebut
30
PG

Disajikan tabel jenis-jenis koloid yang belum lengkap, peserta didik dapat melengkapi tabel tersebut dengan benar
5
Uraian
terlampir


Bajubang,    Mei 2018
Dibuat oleh,



Agus Saputra, S.Pd
NIP. 198608062011011004


Komentar

  1. sangat membantu, terimakasih.. untuk lampiran bs didonload dimana ya mas? terimakasih

    BalasHapus
  2. Terima kasih ,sangat membantu dalam pengajaran , Bapak..selalu berbuat untuk kemaslahatn Umat....aamiin

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KISI-KISI SOAL UJIAN SEMESTER GENAP KELAS X TP 2017-2018